Senin, 22 Juni 2015

Stokastik : IHSG dalam Masa Penguatan Sementara

Stokastik- IHSG ditutup menguat terbatas pada perdagangan jumat sore sebesar 0.8% namun dalam sesi pembukaan IHSG dibuka dalam kondisi Gap Up yang artinya bahwa mayoritas trader maupun investor optimis bahwa IHSG akan mengalami rebound terbatas sehingga ini merupakan momentum yang baik untuk :
1. mengurangi stok saham yang nyangkut
2. memanfaatkan trading jangka pendek

Pada dasarnya memang IHSG sedang mengalami rebound untuk kedua kalinya selama periode bearish kali ini, dimana pada rebound pertama IHSG melakukan pullback setelah menyentuh level 5015, sedangkan rebound yang kedua (saat ini) IHSG pullback saat setelah  menyentuh level 4835, yang artinya bahwa level 4835 merupakan support kuat saat ini untuk IHSG.


Lalu bagaimana perkiraan pergerakan IHSG hari ini? Well, mari kita lihat grafik harian dan mingguan IHSG berikut ini
http://sahamologi.blogspot.com/

http://sahamologi.blogspot.com/

Baik secara daily maupun weekly IHSG sama-sama menunjukkan kondisi terakhir yang "ijo royo-royo". Akan tetapi secara indikator stokastik kedua periode ini menunjukkan sinyal yang berbeda. Pada chart harian IHSG sudah mengalami goldencross pada rabu lalu dan saat ini pergerakan indikator ini sudah berada diantara garis overbought dan oversold yang bisa saja IHSG kembali melemah. Kemudian dari chart weekly IHSG sebenarnya (dari bentuk candle) menunjukkan pola reversal yang memungkinkan untuk rebound pada satu minggu kedepan, namun dari indikator stokastik belum menunjukkan sinyal goldencross dan masih menuju ke garis oversold. Kesimpulannya adalah kalaupun IHSG hari ini "ijo" maka kenaikannya masih sangat terbatas dan bayang-bayang take profit cukup besar mengingat posisi IHSG hampir menyentuh level 5000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar