Sabtu, 20 Juni 2015

Tips Menghindari Overtrading

Overtrading- Bagi beberapa orang, bertransaksi saham dapat menjadikan kecanduan, mirip seperti rokok. Apalagi kalau orang tersebut sdang dalam keadaan rugi, ia sangat berambisi untuk terus bertransaksi dan mencari keuntungan agar uang yang telah hilang dapat kembali lagi. Orang yang kecanduan untuk terus bertransaksi saham biasanya bukan keuntungan yang ia dapatkan namun kerugian yang terus ia terima, meski terkadang mendapatkan keuntungan namun keuntungan tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan kerugian yang ia terima.

Seseorang yang memiliki strategi yang cukup baik dalam bertransaksi dalam pasar saham, namun apabila ia kecanduan untuk terus bertransaksi (OVERTRADING) pada akhirnya ia akan merugi. Dan apabila ia terus merugi, orang tersebut akhirnya bertransaksi saham tanpa menggunakan strategi. Dimana ia tidak mampu menguasai emosinya sehingga akal sehat dan objektivitas dalam analisa dan bertransaksi hilang begitu saja, dan biasanya mereka akan mudah sekali mengabaikan trading plan.


http://sahamologi.blogspot.com/

http://sahamologi.blogspot.com/

Overtrading saat ini memang sangat sulit untuk dikontrol, apalagi setelah munculnya aplikasi online trading yang juga bisa terpasang di smartphone sehingga memudahkan trader untuk terus bertransaksi dimanapun dan kapanpun selama ia terhubung dengan internet. Dan jelas-jelas ini dapat menjadikan trader untuk terus kecanduan bertransaksi. Seharusnya trader haruslah bijaksana terhadap segala kemudahan yang ia dapatkan untuk bertransaksi saham bukan malah menjadikan dirinya kecanduan bertransaksi saham.
Berikut ini beberapa tips untuk menghindari diri dari sikap overtrading :

1. Buatlah trading plan dan patuhi segala sesuatu yang telah ditetapkan dalam trading plan tersebut
2. Pelajari secara continue seluruh kegiatan transaksi anda. Buatlah laporan atau catatan setiap anda bertransaksi atau laporan yang anda terima melalui email dari broker anda, jika dari sekian banyak transaksi anda dan sebagian besar merugi artinya anda sedang mengalami overtrading
3. Ciptakan transaksi yang berkualitas. Transaksi yang berkualitas tidak selalu menghasilkan keuntungan, namun juga membatasi kerugian yang dapat dialami seorang trader maupun investor. Gunakan rencana trading anda sebaik mungkin dan disiplin terhadap trading plan anda, serta kurangi aktivitas jual beli anda yang tidak berkualitas dengan mereview strategi dan analisa anda.
4. Mengurangi kontak dengan bursa. Buatlah kegiatan diluar bursa yang menyenangkan dan mampu membangun sikap disiplin anda serta sikap sabar dan teliti agar dapat memberikan dampak positif terhadap diri anda. Hindari dari membaca atau mencari-cari informasi terkait saham yang seringkali menjadikan sorang trader terjebak oleh karenanya.

Overtrading dapat menjadi bomerang bagi siapapun yang mengalaminya. Sangat sulit menghasilkan keuntungan jika dalam kondisi overtrading yang selalu membuat seorang trader terus bernafsu untuk terus bertransaksi. Keinginan untuk menyudahi transaksi untuk sementara waktu dan merelaksasi pikiran dapat membantu anda menghindari sikap ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar