Senin, 08 Juni 2015

Watchlist Hari Ini 08-06-2015

Potensi pelemahan lanjutan IHSG masih begitu kuat meski pada penutupan perdagangan hari jumat lalu IHSG berada pada zona positif. Anggapan ini didukung oleh melemahnya mayoritas indeks acuan baik Amerika, Eropa, maupun Asia sendiri serta melemahnya rupiah terhadap dolar AS yang telah menembus 13,300. Selain itu outflow asing dari bursa kita juga masih terus berlanjut, dan hingga kini elum ada tanda-tanda bahwa asing akan melakukan inflow dan mampu memperbaiki struktur harga.

Disisi lain, meski berhembus kabar bahwa pada kuartal II ini perekonomian Indonesia membaik (meski masih dibawah angka 5) tapi ini belum mampu mengangkat IHSG kembali ke posisi Up Trend karena beberapa hal berikut : IHSG masih terus melemah dan selalu dibuka dibawah posisi penutupan hari sebelumnya, Indeks acuan mayoritas ditutup melemah, laporan perbaikan ekonomi kuartal II masih berupa pendapat dan belum adanya laporan resmi, melemahnya nilai tukar rupiah, dan terakhir adanya keinginan The Fed menaikkan suku bunganya.


Meski beberapa hal yang saya sebutkan diatas tampak akan banyak berpengaruh terhadap pergerakan IHSG, namun perlu anda ketahui bahwa beberapa poin diatas sebenarnya tidak berpengaruh besar terhadap pergeraka IHSG dan itu hanyalah opini yang dibangun oleh beberapa individu ataupun lembaga tertentu yang telah mengakar pada pemikiran mereka. Sebenarnya poin yang paling penting dan paling mendasar yang mampu menggerakkan IHSG adalah kondisi fundamental ekonomi Indonesia dan negara mitra dagang (ekonomi) nya.

Lalu bagaimana anda menyikapi hal tersebut? tetap cermati data-data ekonomi indonesia dan pergerakan dana asing. Mengapa selalu asing? Well, asing (lembaga) memiliki informasi yang lebih baik ketimbang investor seperti kita (retail). Baiklah, berikut ini saya tunjukkan beberapa daftar saham yang bisa anda jadikan daftar pantau anda untuk hari ini
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar