Minggu, 14 Juni 2015

IHSG Terkoreksi, Saat yang Tepat Berita Buruk Bermunculan

Apa yang anda rasakan saat market sedang terkoreksi seperti saat ini? senang? sedih? atau marah-marah kepada pemerintah sambil mengatakan "pemerintah tidak becus mengurus ekonomi"? Yang perlu diingat dari bursa adalah bursa itu sisi lain dari perekonomian sebuah negara. Ia bisa bergerak lebih cepat dari kondisi riil itu sendiri.Kita harus jeli dalam melakukan analisa, menggunakan data yang relevan, informasi yang memiliki akurasi tinggi, pikiran yang tenang dan tingkat emosi yang stabil.


Anda tidak bisa menghasilkan analisa yang baik dan tajam ketika beberaha syarat diatas tidak terpenuhi. Apalagi sekarang ini setiap orang yang memiliki pandangan yang berbeda dapat dengan mudah mempublikasi informasi yang sebenarnya "belum tentu" kebenarannya. Ketika market sedang dalam kondisi koreksi seperti sekarang sudah sewajarnya berita-berita buruk bermunculan, kenapa begitu? Anda sudah pasti tahu bahwa saat terjadi koreksi akan banyak orang yang ketakutan dan sudah tidak rasional lagi dalam pencarian informasi, dan analisa.

http://sahamologi.blogspot.com/

Jika anda mengikuti berbagai forum diskusi mengenai saham, sudah pasti anda akan menemukan banyak tipe orang dan informasi-informasi yang mereka sampaikan ntah itu terkait rekomendasi, ataupun berita tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi dan market.

Ketika market koreksi dan banyak bermunculan berita-berita buruk muncul dipermukaan apa yang sebaiknya dilakukan?

Well, jika kita kembali melihat dan membaca beberapa buku yang membahas mengenai koreksi bursa, bahwa saat bursa terkoreksi dan berita buruk bermunculan silih berganti sehingga membuat investor retail seperti kita ini takut untuk masuk market disitulah sebenarnya sedang terjadi akumulasi oleh beberapa investor cerdas hingga terjadi partition public dimana saat investor retail sedang bergerak masuk kedalam market karena melihat sudah adanya indikasi market kembali optimis. Jika memang anda mmiliki dana yang cukup besar dan memiliki dana sisa yang cukup untuk kebutuhan anda dan keluarga dalam setahun, maka sebaiknya anda segera mencicil saham-saham yang memiliki fundamental bagus, kinerja yang konsisten, manajemen yang berkualitas, merupakan BUMN hingga market benar-benar pulih dan anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

SO, koreksi IHSG? Calm down :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar