Jumat, 19 Juni 2015

Market Review : Melihat Apa yang Ditunjukkan IHSG

Sahamologi.   Kali ini kita akan sedikit mengulas market mengenai apa yang ditunjukkan market saat ini. Follow the trend merupakan slogan yang begitu terkenal di kalangan para trader, kemudian istilah trend is your friend merupakan slogan yang benar adanya. Jika anda mengambil keputusan untuk membuka transaksi dengan melawan arah trend, bisa diprediksikan dengan cukup kuat bahwa anda bisa rugi dalam jumlah besar, namun jika anda mengikuti trend dan sinyal yang ditunjukkan oleh market maka meskipun saham tersebut berbelok arah dari trend (selama berbelok arah bukan karena force majeur) maka harga akan kembali ke mayor trend.

Setiap tren yang kuat selalu diikuti adanya minor tren (tren kecil), anda bisa melihat tren kuatnya dengan melihat chart bulanan dan mingguan. Karena jika anda melihat tren mayornya dengan chart harian akan sedikit bias (meski tetap bisa ditemukan) akan tetapi berbeda halnya dengan melihat chart mingguan dan bulanan yang nantinya akan memberikan kepada gambaran utuh mengenai tren, support, dan sinyal yang ditunjukkan oleh market.


Beberapa hari terakhir IHSG berada diatas 4900 yang merupakan support kuatnya, namun support tersebut tertembus. Lalu benarkah 4900 merupakan real support kuat IHSG? Jika memang benar 4900 merupakan support mayor IHSG, kenapa bisa tertembus?

Sebenarnya angka 4900 merupakan angka pembulatan agar mudah dipergunakan dalam menyebut meski sebenarnya support mayor berada di level 4835. Kenapa begitu? Jika memang 4900 merupakan riil support mayor IHSG, maka sudah sepatutnya IHSG akan sedikit lebih lama berada dikisaran tersebut, namun nyatanya level 4835 yang tidak tertembus sampai hari ini dimana level ini berada di bawah level 4900. Jadi menurut penulis level 4900 yang digunakan oleh banyak analis termasuk penulis sendiri adalah bahwa angka 4900 merupakan angka untuk mempermudah menyebut dan memang benar bahwa IHSG tidak lama berada dibawah level tersebut.

Perhatikan chart berikut
http://sahamologi.blogspot.com/

Dari chart diatas, terdapat dua buah garis support yang penulis buat secara manual dimana masing-masing gais menunjukkan level 4900 dan 4835. Level 4835 penulis ambil dari posisi terendah di tahun 2014 yang merupakan setahun lalu yaitu dibulan juni, kesimpulan sementara IHSG sekarang kembali ke posisi setahun yang lalu.

Lalu bagaimana kondisi market terkini? sinyal apa yang ditunjukkan oleh market? Apakah tren sudah berubah? Untuk penjelasannya kita perhatikan chart berikut
http://sahamologi.blogspot.com/

http://sahamologi.blogspot.com/
http://sahamologi.blogspot.com/

Dari ketiga chart tersebut didapatkan informasi sebagai berikut
1. candle dari ketiga periode tidak menunjukkan sinyal yang sama, diaman periode bulanan candl yang terbentuk adalah bearish, sedangkan periode mingguan dan harian candle yang terbentuk adalah bullish
2. Indikator stokastik dari masing-masing periode memberikan sinyal yang berbeda, dimana periode bulanan dan mingguan belum menunjukkan sinyal overbought maupun oversold, namun jika perdagangan pada beberapa hari kemudian ditutup pada level positif, maka indikator stokastik mingguan akan memberikan sinyal BUY
3. Kesimpulan sementara adalah saat ini IHSG masih berada di tren bearish yang merupakan tren mayornya yang ditujukkan oleh grafik bulanan, dan grafik mingguan serta harian menunjukkan tren bullish (tren minor) yang lebih tepat disebut sebagai rebound. Tren akan berubah jika grafik bulanan menunjukkan candle bullish, serta grafik mingguan dalam 6-7 candle membentuk candle bullish.

Disclaimer on

Tidak ada komentar:

Posting Komentar