Minggu, 14 Juni 2015

Zebra Nusantara (ZBRA)

Kali ini penulis hanya akan memberikan analisa teknikal saja terhadap saham ZBRA yang tentunya anda sudah tahu seperti apa perilaku saham ini saat koreksi sedang trjadi. Penulis sendiri sebelum melakukan analisa teknikal ZBRA ini, terlebih dahulu menengok seperti apa fundamental saham ini "kok bisa bergerak berlawanan dengan market". Dan memang sudah dapat dipastikan untuk perusahaan-perusahaan dibidang transportasi sangat jarang ditemukan memiliki fundamental yang mengesankan, lalu perusahaan ini pun sebenarnya tidaklah menarik dari sisi fundamental karena memang jelek. Anda bisa mendapatkan laporan keuangannya disini.


Penulis tidak akan membahas bagaimana saham ini bisa bergerak naik kala market sedang downtrend, namun penulis akan mengulas sedikit mengenai peluang yang bisa didapatkan dari saham ini. Well, mari kita lihat chart dari saham ini. Sebelumnya penulis hanya menggunakan MA20, MA50, dan FIbonacci Retracement. Alasan utama menggunakan ketiga tool tersebut agar lebih memnyederhanakan saja dan memang sahma ini masih bergerak diwilayah MA20 dan MA50.







Sebelumnya mari kita bandingkan dulu pergerakan ZBRA, sektor, dan markt. Dari chart diatas jelas terlihat bahwa ZBRA memang bergerak berlainan dengan IHSG dan sektor infrastruktur, dimana ZBRA bergerak dalam uptrend, sedangkan IHSG dan sektor infrastruktur bergerak dalam downtrend. Lalu diamanakah peluang saham ini?

Well, perhatikan chart ZBRA baik-baik. Ssaham ini wilayah pergerakannya masih disekitar MA20 dan MA50 dan saat ini ia masih bergerak diatas MA50 dan sedang berusaha menembus MA20. Jika nanti dalam pergerakannya saham ini mampu menembus MA20 dengan volume yang bagus maka peluang untuk menguat kembali dihari esok tetap terjaga. Perhatikan grafik berikut ini



Pada chart tersebut penulis menggunakan fibonacci retracement untuk menentukan level support dan level resistennya. Saat ini ZBRA masih belum bergerak menembus posisi 61,8% dan masih berada dilevel  78,6%. Anda bisa mengambil posisi jika pada perdagangan esok senin ZBRA dibuka diatas close jumat kemarin maka anda bisa mngambil entry di wilayah 61,8% tpatnya pada harga 205. Bagaimana dengan target harganya? Well, anda bisa menentukannya sesuai dengan prinsip trading anda bisa 5% atau 10%. Namun jika merujuk pada level fibonacci maka target harganya adalah 211, tetapi jika harga tersebut tertembus bagaimana? anda masih bisa kep saham tersebut terlebih dahulu dengan syarat lihat chart anda dengan menambahkan indikator stokastik, CCI atau RSI untuk mengetahui level overboughtnya.

Satu lagi, jika volume pada saat saham ini menembus level fibonacci 38,2% atau pada harga 211, anda bisa menggunakan MA20 sebagai acuan dalam menjual, yakni saat ZBRA mencoba mendekati MA20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar