Rabu, 17 Juni 2015

Review Market : IHSG Sudah Murah?

IHSG murah? Memang pertanyaan yang sangat menarik saat seperti ini, dimana IHSG yang sepertinya berusaha kembali bertahan dan mencoba kembali diatas supportnya setalah pada senin lalu IHSG ambrol cukup dalam yang mengakibatkan jebolnya support 4900 dan membuat banyak kekhawatiran meski disisi lain juga menawarkan peluang yang tentu dibarengi dengan resiko yang tinggi disaat bear market seperti sekarang. Tidak ada yang meragukan bahwa saat ini IHSG benar-benar murah ketimbang dua bulan lalu. Penurunan yang sangat tajam hanya dalam 2 bulan memang membuat kekhawatiran sendiri, dimana penurunan ini sangat cepat  (tapi itulah bear market) dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda bahwa market menunjukkan arah perbaikan kedepan.


Resiko tetaplah resiko. Peluang tetaplah peluang. Dalam kondisi seperti sekarang memang para kontrarianlah yang paling senang untuk beraksi ketimbang yang lainnya. Investor asing pun meski sampai saat ini masih banyak melakukan net sell tapi sebetulnya mereka juga telah menentukan pada harga berapa mereka akan kembali. Jika memang anda berniat mulai mengumpulkan saham-saham bluechip, lakukan segera, namun tetap perhatikan money manajemen anda karena memang IHSG masih menyimpan potensi turun lagi.

Setelah senin IHSG ambrol 2% kemudian selasa ia mampu menguat mski dibuka pada teritori bawah sebesar 0,7%, lalu bagaimana dengan hari ini? Mari kita lihat indeks Dow terlebih dahulu dan beberapa indeks acuan lainnya.

Seperti yang penulis katakan kmarin bahwa pada perdagangan hari senin Dow membentuk candle reversal maka pada perdagangan selasa Dow ditutup naik. Kenaikan Dow ini dapat memberikan sentimen positif selain karena memang IHSG pada hari senin telah turun dalam. Dan indeks eropa juga menunjukkan penguatan meski FTSE melemah tipis, berikut ini grafiknya




Lalu bagaimana dengan perkiraan pergerakan IHSG hari ini? Berikut grafik IHSG hingga pada perdagangan selasa kemarin
http://sahamologi.blogspot.com

Sepertinya IHSG sedang mencoba menembus support yang telah ia tembus pada hari senin lalu, dan memang saat ini IHSG masih berkutat di level tersebut yang menjadi support kuatnya. Dengan melihat grafik IHSG yang sudah turun dalam selama 2 bulan terakhir menunjukkan IHSG memang sudah murah dari sisi teknikalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar