Jumat, 05 Juni 2015

Watchlist Hari Ini 05-06-2015

IHSG masih berpotensi turun labih dalam, dan apabila pada perdagangan hari ini IHSG dibuka dibawah level penutupan kemarin, ini menandakan bahwa tekanan jual masih besar. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Beberapa hal yang bisa dilakukan (terutama investor retail) adalah sebagai berikut:
1. Segera keluar dari market
2. Periksa kembali daftar saham anda, apakah terdapat saham yang tidak : berfundamental baik, adanya investor institusional yang mendorongnya. Dan jika memang tidak ada, segera lakukan cut loss.
3. Jangan segera masuk kedalam market, hal ini disebabkan market masih berpotensi turun lebih dalam. Kalaupun terjadi kenaikan, hal itu akan dimanfaatkan untuk keluar oleh kebanyakan investor (baik retail maupun institusi)
4. Perhatikan Bid dan Offer
5. Jika daftar saham anda ada yang berfundamental baik, jual sebagian dari kepemilikan anda, dan ambil kembali di harga bawah (dengan syarat, harga sekarang sudah berada dibawah harga rata-rata anda).
6. Cermati kembali grafik anda, saat bursa lesu seperti ini, ada beberapa saham yang naik (akumulasi) secara diam-diam yang sebenarnya sudah dilakukan sejak bulan lalu.


Poin-poin diatas adalah sekedar tips agar tidak jatuh terlalu dalam saat market turun seperti sekarang ini. Tidak ada metode yang paling ampuh saat koreksi terjadi (mungkin short sell adalah pengecualiannya). Saat ini, setiap ada saham yang naik sedikit, langsung dihabisi (investor banyak yang melakukan aksi jual) sehingga harga saham tersebut langsung turun kembali.

Berikut ini daftar pantau untuk hari ini, tetap disiplin dan stay cool :)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar